You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jokowi Resmikan Layanan Perbankan di Atas Kapal
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Jokowi Resmikan Layanan Perbankan di Atas Kapal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peluncuran layanan perbankan di atas kapal yang dikelola oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) di Pelabuhan Kali Adem, Pluit, Jakarta Utara, Selasa (4/8).

Untuk melayani masyarakat di pulau, daerah tidak terjangkau, pesisir dan perbatasan memang layanan kapal perbankan kita butuhkan

Layanan dengan nama Teras BRI ini beroperasi di atas kapal Bahtera Seva I  lengkap dengan fasilitas perbankan yang ada di darat, seperti adanya mesin ATM. Layanan perbankan di atas kapal ini akan menjangkau enam pulau yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Sebagai tahap awal, Bahtera Seva I memberikan layanan perbankan secara bergiliran ke Pulau Pramuka, Tidung, Kelapa, Untung Jawa, Harapan dan Pulau Panggang. Kapal ini beroperasi mulai Senin-Jumat, pukul 08.30 hingga 16.30.

Pemprov DKI akan Suntik Bank DKI Rp 2 Triliun

"Untuk melayani masyarakat di pulau, daerah tidak terjangkau, pesisir dan perbatasan memang layanan kapal perbankan kita butuhkan. Tidak hanya satu, tapi ribuan," kata Jokowi.

Direktur Bank Rakyat Indonesia Asmawi Syam menjelaskan, layanan perbankan ini disediakan untuk masyarakat pesisir dan nelayan, supaya mereka tidak perlu meninggalkan kapal atau usaha untuk mendapatkan layanan.

"Petugas kita di kapal tersebut akan memberikan layanan seperti simpanan, pinjaman, pembayaran dan layanan lain. Layanan yang diberikan sama seperti kantor BRI umumnya," ujar Asmawi.

Ditambahkan Asnawi, dari jumlah 5.748 penduduk di enam pulau tersebut, 64 persen diantaranya berprofesi sebagai nelayan dan jasa pertukangan yang sulit meninggalkan pulau bila ingin mengakses perbankan. Sedangkan sekitar 36 persen lain berprofesi sebagai PNS, TNI dan karyawan yang juga membutuhkan layanan perbankan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1245 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1234 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1179 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1142 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1066 personNurito